Minggu, 04 November 2012

Kenapa Saya Sulit Ikhlas?


SALAM IKHLAS
Semoga perasaan bahagia mengalir deras tiada hentinya.

Sahabat..
Saya merasa senang sekali, semenjak 2009 menggeser gelombang hati ke frekuensi ikhlas  belajar memberdayakan diri dengan kekuatan diri sendiri (fitrah), sampai akhirnya bertemu dengan komunitas-komunitas serupa, saat ini. Perjalanan untuk ikhlas tidaklah semulus jalan tol. Pernah merasakan sakit yang sangat hingga berimbas ke physic dan habbit. Syukurlah saya merasa bosan dengan kehidupan seperti itu, dan menggerakkan diri untuk bangkit keluar mencari solusi masalah kehidupan. Saya bisa, mereka bisa, anda juga bisa!

Saya juga merasa senang jika anda adalah orang yang ingin merubah kehidupan. Niat andalah yang mempertemukan anda dengan orang-orang baik, dengan buku-buku transformasi diri. Niat baik anda jugalah yang mempertemukan tulisan ini, alam semesta berikut isinya mendukung anda untuk berubah. Simaklah ini:
Anda adalah ciptaan Tuhan dengan fitrah yang sempurna. Karnanya anda tidak perlu menambahkan apa-apa ke dalam diri anda untuk bisa menikmati semua kesempurnaan itu. Anda hanya mengikhlaskan hambatan-hambatan yang menghalangi diri anda agar bisa merasakan kesempurnaan sejati.

Sering ada yang bertanya, "Kenapa saya begitu sulit untuk ikhlas? Selama ini saya sudah berhasil untuk ikhlas tapi kenapa sekarang-sekarang ini saya masih belum bisa menerima kondisi keluarga saya, rumah tangga saya, suami saya, istri anak saya?"

Kesulitan orang ikhlas adalah gelombang otaknya dan gelombang hatinya seringkali tidak sinkron. Ilmuan membuktikan adanya hubungan antara kondisi suasana hati dengan gelombang otak.
Untuk berubah diperlukan pergeseran gelombang otak dari perjuangan pikiran sadar menjadi tuntunan bawah sadar. Pikiran anda yang terlalu keras lah yang membuat anda terus terjebak dalam masalah yang ingin anda selesaikan. (Paul T. Scheele, M.A.,Founder, Learning Strategis Inc)
Ikhlas adalah menerima apapun dan siapapun apa adanya. Ikhlas itu adalah seni menerima. Kita adalah perantara Tuhan untuk mengubah apapun. Jika kita menghadapinya dengan penuh penerimaan maka sudah menjadi kewajiban semesta untuk mewujudkan kondisi terbaik sesuai yang kita harapkan. Pikiran kita yang keraslah yang membuat kita sulit merasakan kedamaian.

Untuk ikhlas, kita perlu menggeser gelombang otak kita menuju frequensi yang lebih rendah.
Alpha: ini adalah gelombang otak ikhlas yang kita cari. Alpha berfrequensi 7-12Hz.. ciri-ciri: perasaan damai, tenang, khusu, rileks, namun tetap dengan kesadaran tinggi.

Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya senantiasa mendukung kita untuk hidup bahagia. Kita Bisa Memanfaatkan 5 Panca Indra Kita Untuk Mendukung Suasana Ikhlas:

1. Perabaan
Berbagai seni pemijatan adalah ekpresi sentuhan kasih sayang yang mampu membuai orang dari kepenatan (gelombang otak beta) menuju rileksasi (alpha hingga delta). Perintah berwudhu sebelum shalat memanfaatkan efek hydrotherapy sentuhan air pada kulit yang bisa menghantarkan gelombang otak menuju alfa agar lebih siap untuk khusu dalam berdoa.
Inilah salah satu rahasia dibalik perintah wudhu.. Tuhan ingin kita senantiasa berada di gelombang alfa (damai, sejuk hatinya, adem pikirannya).

2. Penglihatan
Anjuran untuk mencintai keindahan dan hanya melihat yang baik-baik bertujuan untuk menjaga gelombang alfa yang sejuk dan damai. Perintah untuk menjaga pandangan dari keburukan karena bisa membuat otak terlalu aktif di gelombang beta yang menyebabkan sulit berfikir jernih. Pergilah ke pantai, ke gunung, .... lihatlah betapa Allah menciptakan ini tiada sia-sia. semua untuk keperluan kita agar damai dan bahagia. Di jakarta orang-orang sudah bosan dengan hiruk pikuk dunia pekerjaan. Untuk itu setiap hari libur, minggu misalnya jalan menuju puncak Bogor selalu penuh... inilah bukti bahwa orang ingin merefresh pikiran dan perasaannya. Jaga pandangan, lihatlah yang baik-baik saja. Termasuk jangan terlalu sering melihat adegan kekerasan di TV.

3. Pengecapan
Perintah untuk selalu menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat, segar dan halal termasuk tuntunan berpuasa serta pola makan vegetarian erat kaitannya dengan pola gelombang otak, tingkat kesehatan dan kesadaran serta kebahagiaan yang dituju. Termasuk juga perintah untuk berbicara dengan kata-kata positif. Pilihlah kata-kata yang positif yang mendukung anda untuk lebih mudah ikhlas. Gunakanlah kalimat penerimaan yang indah dan menyejukan.

4. Penciuman
Anjuran untuk memakai wewangian hingga pengharum tradisional dan modern seperti bunga-bungaan hingga dupa kemenyan dan aromatherapy untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan gelombang alfa dan tetha yang khidmat. Selain itu, banyak sekali tekhnik meditasi yang dirancang untuk tujuan yang sama dengan menyadari keberadaan nafas.

5. Pendengaran
Mendengarkan suara desir angin dan ombak dilaut, gemericik air di sungai, atau suara rintik hujan. Kicau burung dipagi hari, serta derik jangkrik dan orkestra katak dimalam hari adalah terapi musik yang disediakan melimpah oleh alam untuk kita. Sementara manusia menciptakan alat musik  tradisional seperti gamelan, siling dan rebab, hingga kendang dan beduk untuk keperluan yang sama. Begitupula kombinasi dari alunan suara yang bercampur dengan makna bacaan yang dilagukan ketika berdoa, berdzikir, dan mengaji bersifat menentramkan hati. Semua berhubungan dengan keseimbangan harmonisasi irama gelombang otak manusia.

Ada banyak sekali musik penghantar gelombang alpha..seperti CD audio brainwave DigitalPrayer yang udah satu paket sama buku nya mas nunu Quantum Ikhlas, atau bisa juga dengan CD The Power of Sound satu paket dengan bukunya mas Diddi AgePe. Untuk saat ini saya pribadi masih menggunakan iPray dari DigitalPrayers. Sudah modern manfaatkanlah, OTOMATIS.

Keajaiban Ikhlas adalah mampu merubah apapun dalam kondisi terbaiknya. Anda sudah memilih suami seperti itu, memilih istri seperti itu, memilih mertua begitu adanya, bikin anak dengan spek begitu, mindset terhadap rejeki begitu, memilih teman begitu... semua sudah pilihan. Kenapa masih tidak mau menerima? Jika ada yang salah dengan mereka maka terimalah dulu, sambil diperbaiki. Justru dengan penerimaan itulah kita akan mendapatkan apa yang disebut dengan keajaiban. Bagi orang ikhlas, keajaiban adalah hal yang sudah lumrah dalam hidupnya.

Kemarin malam, saya kedatangan tamu di klinik Mahakosmos, sudah 4 malam sulit tidur. Meskipun penyebabnya karena kebanyakan minum obat, hanya dengan sentuhan ikhlas... saya tuntun beliau untuk rela menerima "kesulitan tidurnya, menerima jantung yang kuat berdebar"  dan melepaskan hambatan-hambatannya (ketakutan-kecemasan-khawatir terhadap kesehatan) di gelombang otak-pikiran-jiwa dan meridian tubuh, pada akhirnya gelombang otaknya turun dan mulai sedikit mengantuk.

"Saya sudah berusaha untuk ikhlas menerima, tapi kenapa masih belum bisa?"
Saya yakin, karena pikiran anda yang ngotot yang menyebabkan anda sulit untuk ikhlas. Mungkin anda sudah bilang saya terima, atau saya ikhlaskan.. tapi pikiran anda masih belum bisa melepaskannya.

Berikut saya pandukan cara mudah untuk ikhlas.
  1. Nafas 5-5-5 : Tarik nafas 5 detik, tahan nafas 5 detik, dan keluarkan 5 detik. Lakukan selama 3-5 menit. Dengan mengatur pola nafas akan menghantarkan gelombang otak anda turun menjadi alpha yang siap mendukung anda untuk ikhlas.
  2. Sambil mengatur nafas, pejamkanlah mata anda. Naikkanlah mata anda ke atas dan turun (normal) Lakukan 3-5 kali. gerakkan mata seperti ini akan membawa pikiran anda masuk gelombang alpha dengan lebih mudah.
  3. Biarkanlah nafas anda membasuh tubuh anda dengan kesejukan, kelembutan dan kedamaian.
  4. Ijinkalah pikiran-otak-hati-tubuh anda terbuka agar uneg-uneg (kejadian-masalah-orang) yang membuat anda tidak bahagia (tidak ikhlas) lepas.
  5. Ijinkanlah seluruh hambatan-hambatan lepas dari diri anda dengan mengatakan: "saya rela mengikhlaskan seluruh kecemasan, ketakutan, kekhawatiran lepas. Saya mengikhlaskan semua keinginan untuk mengatur hidup kepada limpahan kasih sayang Tuhan" Atau anda bisa mengubah sesuaikan dengan masalah anda "saya rela mengikhlaskan (.... apa masalah anda) kepada limpahan kasih sayang Tuhan. Saya ikhlaskan semua kebaikannya kepada Tuhan" Intinya kalimat ini adalah kalimat penerimaan yang jika anda hayati dapat membawa anda dalam kondisi alpha (rilek dan damai). Kondisi ini HARUS tanpa perlawanan.
  6. Sambil anda mengucapkan itu, bayangkanlah apa yang anda inginkan sudah terjadi. Misal anda sedang punya masalah denga rumah tangga atau sedang sakit, maka bayangkanlah kebaikan rumah tangga dan kesembuhannya SUDAH TERJADI.
  7. Sambil membayangkan apa yang anda harapka SUDAH terjadi, ucapkanlah kalimat syukur. Terimakasih Tuhan...... (Terimakasih Tuhan atas segala-galanya)
  8. Ulangi sampai 20 menit, pagi-petang.
  9. Saya yakin perlahan dan pasti, sistem perkabelan dalam tubuh anda sudah siap untuk menjalani hidup jauh lebih ikhlas, jauh lebih bahagia.


"Aku rela mengikhlaskan segala ketakutan, kecemasan, khawatir dan keinginan untuk mengatur hidup kepada limpahan kasih sayang Tuhan. Dan aku ikhlaskan aliran kebijaksanaan Tuhan membanjiri ruang hatiku"

Ikhlas itu MUDAH, asal tau rahasianya.
Salam, Zain. (0856.544.57.234)
Yang selalu ingin dekat dengan Tuhan, lewat ikhlas dihatinya.
_______________________________________________________

Silahkan yang ingin mencari solusi kehidupan dan kepingin merubah diri:
Mahakosmos "Psikologi, Mental, Spiritual"
Jl. Pajajaran, Ruko Portal Pamulang Permai blok c2 - Pamulang Barat, Tanggerang Selatan.
Jl Danau Sentum Kota Baru Komplek Sentarum Mandiri (08991389925)
Mahakosmos adalah suatu Motivasi Pencerahan dalam Kehidupan untuk merubah pola pikir (mindsetting), mental attitude (akhlak, perilaku, moral) dan pola spiritual (keikhlasan), bukan saja sekedar TERAPI KEHIDUPAN namun juga sebuah KOMUNITAS IKHLAS untuk menyebarkan energi positif saling  mengingatkan dalam menjalani kehidupan dengan ikhlas sesuai lakonnya masing-masing setiap saat.  Menerima, menjalankan lakon kehidupan baik suka dan duka sebagai suatu ketetapan Penguasa Semesta Alam yang merupakan anugerah tiap insan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar